Keindahan Alam di Bukit Jambu Kristal - Desa Tanjungsiang

Selasa, 15 Agustus 2017

Keindahan Alam di Bukit Jambu Kristal


Kota Subang merupakan suatu daerah yang memiliki banyak tempat wisata, terutama di daerah Subang Selatan dengan banyaknya potensi alam yang dimiliki. Seperti yang diketahui, daerah dataran tinggi ini banyak tempat wisata alam yang beragam seperti banyaknya curug dan pemandian alam. Namun selain curug dan pemandian alam masih banyak pula tempat-tempat indah yang belum diketahui banyak orang.

Tanjungsiang merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang disebelah  Timur dan Kabupaten Bandung Barat disebelah Selatan. Tanjungsiang adalah wilayah yang memiliki bukit-bukit dan pegunungan serta masih memiliki hutan, dan banyak pula perkebunan, baik perkebunan negara maupun perkebunan rakyat. Bagi yang senang mendaki, di Desa Tanjungsiang ada sebuah bukit yang tak hanya menyajikan keindahan alam yang dapat dilihat dari atas, dan sekedar berselfie ria. Dibukit ini terdapat sebuah kebun jambu yang mungkin jarang ditemukan oleh orang-orang terutama orang subang itu sendiri.
Jambu kristal merupakan buah jambu biji yang memiliki biji sangat sedikit dengan presentase berbuah yang lebih tinggi dibanding buah tanpa biji lainnya. Bentuk buah jambu biji varietas kristal ini bulat seperti buah apel  dengan permukaan yang tidak rata namun dagingnya renyah serta rasanya yang manis. Jambu biji kristal adalah salah satu jenis jambu biji yang digandrungi oleh banyak orang.
Di bagian bukit desa Tanjungsiang khususnya di kampung Cikadu Timur ada kebun jambu kristal yang memiliki 1500 pohon dengan luas 1 Ha. Ada beberapa pohon yang sudah pembuahan, namun belum bisa dipetik dan belum siap panen. Menurut pemilik kebun jambu, Ibu Ani mengatakan bibit buah jambu ini berasal dari Thailand, dari segi pembuahan bibit yang berusia 5-6 bulan sudah mampu menghasilkan buah dengan ukuran sebesar bola pingpong. Jambu kristal sudah bisa dipanen sepanjang tahun karena tak tergantung pada musim. Namun panen raya baru bisa dilakukan setelah umur dari pohon Jambu itu sekitar 2 tahun lebih dan panen raya bisa didapat 3 kali dalam setahaun.

Selain menikmati keindahan alam diatas bukit, kamu juga dapat menikmati manisnya buah jambu kristal dengan memetik langsung dari pohonnya. Apalagi pohon jambu kristal ini tidak setinggi pohon jambu biasanya.Perjalanan yang akan ditempuh dengan berjalan kaki menuju bukit ini kurang lebih 25-30 menit dengan jarak kurang dari 1 Km. Disana juga kamu bisa camping untuk menikmati indahnya sunrise dan sunset.

2 komentar:

@kknm17tanjungsiang