Profil Desa Tanjungsiang - Desa Tanjungsiang

Kamis, 10 Agustus 2017

Profil Desa Tanjungsiang




Kantor Desa Tanjungsiang

Desa Tanjungsiang merupakan salah satu bagian wilayah dari Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat Nomor 32.15.040.002, Kode Pos 41284, dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang bernama Bapak H. Samid Suryana.

Desa Tanjungsiang merupakan desa perbatasan antara Kabupaten Subang dengan Kabupaten Bandung dibagian selatan desa. Selain itu, Desa Tanjungsiang diapit oleh Desa Cikawung, Desa Buniara, Desa Kawungluwuk, dan Desa Sirap yang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Tanjungsiang.
Desa Tanjungsiang terletak diantara pegunungan, perbukitan, serta pesawahan. Dilihat dari letaknya Desa Tanjungsiang  dapat dikatakan sebagai desa yang strategis.

Jumlah penduduk 3522 jiwa laki-laki dan 3365 jiwa perempuan. Desa Tanjungsiang terbagi dalam 9 Rukun Warga  (RW), disetiap wilayah Rukun Warga (RW) memiliki potensi baik secara kreativitas Sumber Daya Manusia ( SDM ), maupun potensi alam yg menawan. Seperti :


  • RW 1 yaitu: Baranang Siang, merupakan sentral industri dari pembuatan Kerupuk Golong
  • RW 2 yaitu: Tanjungsiang, merupakan sentral pengrajin ukiran kayu
  • RW 3 yaitu: Tanjung, merupakan sentral pengrajin Seeng atau Dandang
  • RW 4 yaitu: Cikembang, terdiri dari area pertanian khususnya tanaman padi serta terdapat kolam pemancingan Galatama
  • RW 5 yaitu: Cikadu Lebak, merupakan sentral pembuatan Golok
  • RW 6 yaitu: CikaduTonggoh, memiliki agro bisnis dalam bidang pengembangan jambu kristal
  • RW 7 yaitu: Cibeureum, memiliki potensi kekayaan alam berupa Curug yg diberi nama Curug Ciung Wanara
  • RW 8 yaitu: Manalangu, merupakan daerah sentral pengrajin kasur lantai.



Dengan beragam potensi yang dimiliki Desa Tanjungsiang sangat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat desa. Seperti terlampir:

MATA PENCAHARIAN POKOK


KESEJAHTERAAN KELUARGA



Mengacu pada data  dapat dilihat bahwa banyak diantara warga masyarakat memiliki industri kecil dan menengah serta adapula warga yang bermata pencaharian sebagai petani, buruh tani, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan lain ssbagainya. Rata-rata masyarakat Desa Tanjungsiang sudah berada pada kelas ekonomi menengah.
Dengan keberagaman potensi baik secara Sumber Daya Manusia (SDM) maupun potensi alam, bahkan keberagaman strata sosial dalam bidang ekonomi tidak membuat adanya kesenjangan antar warga Desa. Sehingga kehidupan Sosial di Desa Tanjungsiang ini patut menjadi contoh karena interaksi antar warga desa maupun warga desa dengan pemerintah bahkan warga desa dengan pendatang (wisatawan) terjalin dengan baik.
Dalam tatanan pemerintahan Desa Tanjungsiang ini berpusat di kantor Kelurahan Tanjungsiang yang mana menjadi pusat pelayanan pemerintah serta aparatur desa bagi masyarakat.
Kelembagaan baik lembaga pemerintah maupun lembaga kemasyarakatan berkembang pesat di Desa Tanjungsiang ini. Sebagaimana tujuan dari kelembagaan yaitu agar terciptanya masyarakat yang beradab dan tatanan kemasyarakatan yang baik. 


LEMBAGA PENDIDIKAN

Pendidikan Formal


LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA / KELURAHAN (LKD/LKK)
Seperti pada umumnya Desa Tanjungsiang juga memiliki lembaga kemasyarakatan seperti ; Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) , PKK , Rukun Warga (RW), Rukun tetangga (RT), Karang Taruna, Kelompok Tani, Lembaga Adat dan lain sebagainya.
Sekretariat Karang Taruna Desa Tanjungsiang

Sekretariat Badan Pengurus daerah Desa Tanjungsiang

Sekretariat TP-PKK



LEMBAGA EKONOMI
Lembaga ekonomi ini yang berperan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di Desa Tanjungsiang yang sangat beragam. Diantaranya ; Lembaga Ekonomi dan Unit Usaha Desa/Kelurahan, Jasa Lembaga Keuangan, Industri Kecil dan Menengah, Usaha Jasa Pengangkutan,Usaha Jasa / Perdagangan, Usaha Jasa Gas, Listrik, BBM, dan Air, Usaha Jasa Keterampilan.
Sekretariat Badan Usaha Milik Desa Tanjungsiang

Sekretariat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat


Dalam prestasi Desa Tanjungsiang ini merupakan Desa yang tercatat memiliki beberapa prestasi mengagumkan, hal ini terlihat dari banyaknya piagam dan piala penghargaan yang diraih oleh Desa.

Koleksi Piala Desa Tanjungsiang



























@kknm17tanjungsiang